Minggu, 24 April 2016

Project Charter Sistem Informasi Keuangan SMK YADIKA



Project Charter Document

Deskripsi Umum

Project Name : Pengembangan Sistem Informasi Keuangan SMK YADIKA
Company : SMK YADIKA Cicalengka
Focus Area : Information System
Product/Proccess : Website
Project Time : 15 April 2016 – 29 Juli 2016
Cost Estimation : Rp. 90.000.000

Prepared By

Document Owner
Project / Organization Role
Inyas
Project Leader
Ignatius
Requirement Analyst
Benedict
System Analyst
Romario
Interface Designer
Rio
Server Programmer
Wijaya
Web Programer
Alex
Back-End Programmer
Xander
Back-End Programmer
Vincent
Front-End Programmer
Tia
Front-End Programmer
Martin
Lead Programmer
Leon
Server Technician
Kris
Quality Assurance
Robert
Support Team
Budi
Support Team
Yadika
Stakeholder


Project Charter Version Control

Version
Date
Author
Change Description
1.0
17/3/2016
Inyas
Document Created

Table of Contents

1. PROJECT CHARTER PURPOSE
2. PROJECT EXECUTIVE SUMMARY
3. PROJECT OVERVIEW
4. PROJECT SCOPE
4.1. Goals and Objectives
4.2. Departmental Statement of Work (SOW)
4.3. Project Deliverables
4.4. Deliverables Out of Scope
4.5. Project Estimated Costs & Duration
5. PROJECT CONDITIONS
5.1. Project Assumptions
5.2. Project Issues
5.3. Project Risks
5.4. Project Constraints
6. PROJECT STRUCTURE APPROACH
7. PROJECT TEAM ORGANIZATION PLANS
8. APPROVAL

PROJECT CHARTER PURPOSE

Tujuan dari proyek ini adalah mengembangkan Sistem Informasi Keuangan SMK YADIKA Cicalengka. SIK ini berguna untuk memperlancar kegiatan tata usaha dan perbendaharaan di SMK YADIKA. Mempermudah untuk melakukan pemantauan dana yang telah di dapat dan diberdayakan dalam SMK YADIKA. Memberikan transparansi keuangan kepada seluruh stakeholder yang ada.

PROJECT EXECUTIVE SUMMARY

·         Project goals
·         Objectives
·         Scopes
·         Assumptions
·         Risks
·         Costs
·         Timeline
·         Approach
·         Organization

PROJECT OVERVIEW

PROJECT SCOPE

Goals and Objectives

Goal
Objective
Mempermudah penghitungan keuangan dalam SMK YADIKA
  1. Membangun sistem yang mudah digunakan
  2. Membantu dalam menghitung pemasukan dan pengeluaran
Transparansi dana SMK YADIKA
  1. Dibangun web yang dapat diakses oleh seluruh stakeholder

Departmental Statement of Work (SOW)

Departmental SOW
Owner/ Prime
Due Date/ Sequence
Penggalian Kebutuhan
Team Leader, System Analyst, Requirement Analyst, Stakeholder
Melakukan wawancara kepada stakeholder guna mengetahui kebutuhan yang harus ada pada aplikasi yang akan dikembangkan (elisitasi kebutuhan)
Analisis Kebutuhan
Team Leader, System Analyst, Requirement Analyst
System Analyst  dan stakeholder mendiskusikan dan membuat kebutuhan fungsional serta non fungsional untuk fitur-fitur yang dibutuhkan pada aplikasi
Design Sistem
System Analyst, Requirement Analyst, Lead Programmer
Mendesign sistem yang akan dibangun sesuai dengan kebutuhan yang telah digali dan dianalisis
Design Interface
System Analyst, Requirement Analyst, Interface Design
Mendesign interface yang akan dibangun sesuai dengan kebutuhan yang telah digali dan dianalisis
Implementasi Aplikasi
Lead Programmer, Server Programmer, Web Programmer, Back-End Programmer, Front End Programmer
Melakukan implementasi sistem informasi yang telah dibangun
Deployment
Lead Programmer , Server Technician
Melakukan pemasangan untuk sistem yang telah dibangun
Testing
Programmer, Quality Assurance, Support Team
Melakukan uji coba terhadap sistem informasi yang telah dibuat
Support
Lead Programmer, Support Team
Trainer melakukan sosialisasi sistem ini kepada stakeholder agar sistem dapat dioperasikan dengan baik dan benar oleh para stakeholder

Project Deliverables

Milestones
Deliverable
Penggalian Kebutuhan
Data Struktrur Keuangan SMK YADIKA Cicalengka
Data Para Pegawai SMK YADIKA Cicalengka
Dokumentasi Keuangan SMK YADIKA Cicalengka.
Dokumentasi Perhitungan Keuangan SMK YADIKA Cicalengka.
Analisis Kebutuhan
Mendapatkan Kebutuhan yang diminta
Menganalisis kebutuhan yang ada.
Design Sistem
Hasil desain sistem sudah selesai.
Menghasilkan dokumen design sistem yang sudah final.
Design Interface
Hasil desain interface sudah selesai.
Menghasilkan dokumen design interface yang sudah final.
Implementasi Aplikasi
Mendapatkan feedback dari stakeholder.
Informasi tentang kebutuhan minor yang mungkin bisa ditambahkan.
Menghasilkan dokumen perubahan (jika ada perubahan).
Deployment
Produk diimplementasikan.
Sistem sudah dapat dijalankan 100% dan merujuk pada kebutuhan Fungsional dan Non fungsional yang sudah disepakati.
Menyesuaikan dengan dokumen perubahan yang dihasilkan dari hasil presentasi prototype ke stakeholder.
Testing
Layanan  berjalan sesuai dengan kebutuhan yang sudah disepakati dengan stakeholder.
Sistem dapat berjalan dengan baik.
Support
Dokumentasi sistem keseluruhan berupa technical manual.
Dokumentasi mengenai SOP (System Operating Procedure) dan SMP (System Maintenance Procedure) sudah final.
Pelatihan/sosialisasi tentang penggunaan sistem kepada stakeholder.

Deliverables Out of Scope

Proyek ini hanya menangani sistem informasi keuangan SMK YADIKA Cicalengka mencakup penghitungan total dana masuk dan penghitungan total dana pengeluaran. Sistem informasi ini dapat digunakan digunakan dan diakses oleh seluruh warga dari SMK YADIKA Cicalengka. Sistem informasi ini tidak mencakup penentuan pembagian gaji tiap pegawai SMK YADIKA Cicalengka.





Project Estimated Costs & Duration

Project Milestone
Date Estimate
Deliverable(s) included
Confidence Level
Penggalian Kebutuhan
22/4/2016
  • Informasi mengenai Sistem Kearsipan Kementrian Kehutanan
  • Informasi stakeholder yang terlibat
  • Informasi proses bisnis yang ada
  • Informasi struktur organisasi Pengurus Kementrian Kehutanan beserta haknya dalam Sistem Informasi Kearsipan
  • Dokumen kebutuhan
High
Analisis Kebutuhan
29/4/2016
  • SKPL
  • DPPL
High
Design Sistem
13/5/2016
  • Prototype sistem informasi
High
Design Interface
27/5/2016
  • Prototype sistem informasi
Medium
Implementasi Aplikasi
24/6/2016
  • Sistem Server
  • Sistem Client
Medium
Deployment
8/7/2016
  • Sistem Informasi Keuangan
High
Testing
22/7/2016
  • Dokumentasi Testing
High
Support
29/7/2016
Medium





PROJECT CONDITIONS

Project Assumptions

·         Proyek ini diasumsikan sebagai sebuah proyek yang bertujuan untuk memperlancar kegiatan tata kelola persuratan di Kementerian Kehutanan,
·         Proyek ini diasumsikan dapat memberikan jaminan pelayanan terhadap keberlangsungan operasioanal dari SIK Kementerian Kehutanan secara keseluruhan dan mandiri..
·         Proyek ini diasumsikan suatu aplikasi yang akan selalu diawasi oleh sebuah administrator yang bertugas untuk menjaga sistem informasi dapat digunakan setiap kali dibutuhkan dan memberikan keamanan pengelolaan data dan pembuatan laporan bagi penggunanya.

Project Issues

Priority criteria
1-Prioritas tinggi (high) ; membutuhkan fokus yang tinggi dan harus segera diselesaikan
2-prioritas menengah (medium); membutuhkan sebuah feedback dari stakeholder sebelum milestones tersebut dapat diselesaikan
3-prioritas rendah(low); diselesaikan setelah milestones berprioritas lebih tinggi sudah terselesaikan
4-milestone yang sudah diselesaikan (closed)
#
Issue
Priority
Owner
Description
Status & Resolution
1
Anggota tim mendapatkan musibah
low
Project manager
Jika suatu saat terjadi musibah pada beberapa anggota tim yang membuatnya tidak dapat melanjutkan pekerjaan
Mempunyai angota cadangan yang selalu mengikuti perkembangan proyek dan segera siap untuk menggantikan seseorang
2
Listrik mati pada saat pengembangan aplikasi
high
Front End Developer dan Back End Developer
Ada kemungkinan terjadi mati listrik saat pengembangan aplikasi
Menyiapkan aliran listrik cadangan menggunakan genset dan UPS
3
Data hilang
high
Project Manager
Dimungkinkan terjadi kehilangan data entah karena virus maupun kerusakan hardware
Melakukan backup secara rutin dan juga menyiapkan server tambahan untuk menyimpan backup data. Juga memanfaatkan antivirus dan sebagainya

Project Risks

#
Risk Area
Likehood
Risk Owner
Project Impact-Migration Plan
1
Waktu untuk melakukan pertemuan sangat sulit
High
Project manager
Pertemuan dilakukan dengan perjanjian dahulu agar dipastikan dapat dilaksanakan dan tidak perlu mengulur-ulur waktu pertemuan
2
Stakeholder utama kurang memberikan informasi
Medium
Project manager
Mencari stakeholder non-primer, dalam hal ini adalah pegawai honorer dengan harapan dapat memberikan tambahan informasi
3
Ruang lingkup proyek melebar secara luas
High
Project manager
Menjelaskan diawal terkait batasan yang ada sehingga stakeholder tidak terlalu melebarkan ruang lingkupnya
4
Waktu pengerjaan proyek terlambat dari target
High
Stakeholder
Membuat jadwal pengerjaan tugas dan menaatinya, serta memberikan waktu tambahan pada tiap tiap milestone untuk berjaga-jaga
5
Kurangnya personil tim
medium
Project manager
Merekrut anggota baru dan dijadikan sementara sebagai pegawai cadangan

Project Constraints

Batasan proyek yang dikerjakan adalah sebagai berikut :
  • Fitur yang akan diterapkan pada proyek adalah sesuai dengan permintaan stakeholder yang telah disepakati sebelumnya, yaitu pengarsipan surat masuk, keluar, dan hal yang berhubungan dengan pengarsipan surat.
  • Proyek berjalan sesuai anggaran yang telah disediakan dan sesuai rencana pembiayaan kebutuhan yang telah disetujui. Bila ada kebutuhan yang ingin dibuat namun belum terdapat pada dokumen kebutuhan, maka akan dikerjakan di belakang dan menunggu persetujuan pembiayaan
  • Sistem Informasi KeuanganSMK YADIKA Cicalengka berjalan pada jaringan lokal, sehingga tidak dapat diakses dari luar
  • Sistem Informasi KeuanganSMK YADIKA Cicalengka yang dikembangkan khusus untuk SMK YADIKA yang berlokasi di Cicalengka.

PROJECT STRUCTURE APPROACH

Pendekatan yang dilakukan untuk keberhasilan proyek ini adalah dengan melakukan interview sebagai upaya elisitasi kebutuhan. Interview dengan pihak stakeholder dilakukan untuk mendapatkan detail kebutuhan sebanyak mungkin dan dirasa sudah mencukupi kebutuhan informasi yang diperlukan untuk pembuatan aplikasi.

PROJECT TEAM ORGANIZATION PLANS

Project Team Role
Project Team Member(s)
Responsibilites
Project Leader
Inyas
  • Mengkoordinir seluruh anggota dan kegiatan yang dilakukan setiap anggota
  • Melakukan pemantauan berkala terhadap anggota proyek
  • Melakukan pemantauan berkala terhadap progress proyek
Requirement Analyst
Ignatius
·         Melakukan elisitasi kebutuhan
·         Membuat dokumen SKPL
System Analyst
Benedict
  • Melakukan analisis sistem yang akan dibangun
  • Membuat rancangan sistem
  • Membuat dokumen DPPL
Interface Designer
Romario
  • Memdesign interface sistem informasi
  • Membuat prototype interface
Server Programmer
Rio
  • Membangun sistem dalam server
Web Programer
Wijaya
  • Membangun web untuk menampilkan isi dari server
Back-End Programmer
Alex, Xander
Front-End Programmer
Vincent, Tia
  • Membangun sistem dari sisi front-end
  • Menghubungkan dengan sisi back-end
Lead Programmer
Martin
  • Menggkoordinir seluruh progress dalam develop program
  • Memantau setiap anggota programmer
Server Technician
Leon
  • Menyiapkan server fisik
Quality Assurance
Kris
  • Memastikan mutu perangkat lunak
  • Melakukan testing akhir perangkat lunak
Support Team
Robert, Budi
  • Membuat SOP (Standart Oprational Procedure)
  • Mengadakan pelatihan

APPROVAL

Prepared by  : Inyas, Ignatius, Benedict, Romario , Rio, Wijaya, Alex, Xander, Vincent, Tia, Martin, Leon, Kris, Robert, Budi.
Approved by :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar