Minggu, 13 Maret 2016

Kerangka Acuan Kerja Proyek Perangkat Lunak Sistem Informasi Manajemen Spektrum

Kerangka Acuan Kerja


Nama Proyek

PEMELIHARAAN DAN OPERASIONAL SISTEM INFORMASI MANAJEMEN SPEKTRUM

Latar Belakang 

Guna memenuhi kebutuhan layanan sistem manajemen Dirjen Sumber Daya dan Perangkat Pos dan Informatika (SDPPI), Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) menghadirkan layanan perizinan spektrum frekuensi radio secara daring atau e-Licensing yang terintegrasi melalui Sistem Informasi Manajemen SDPPI (SIMS).
Tentunya dalam sebuah Sistem Informasi, pasti diadakan maintenance pemeliharaan sistem terkait dengan kelancaran berjalannya proses bisnis yang ditangani sistem informasi tersebut. Oleh karena itulah pihak Kemkominfo mengadakan proyek maintenance ini.

Maksud dan Tujuan 

Tujuan dari pengadaan proyek ini adalah untuk meningkatkan kinerja sistem, dan fitur - fitur non fungsional dari Sistem Informasi Manajemen Spektrum seperti :
  • Kecepatan Akses
  • Kekuatan Server
  • Kestabilan Script
  • Keamanan Sistem
  • Daya Tampung Database 

Sasaran

Terwujudnya Sistem informasi Manajemen Spektrum yang lebih baik dan dapat menangani proses bisnis lebih cepat dan akurat.

Nama Organisasi Pengguna Jasa

Kementerian Komunikasi dan Informatika  

Sumber Pendanaan

Pengadaan Tunggal dari APBN tahun 2015 dengan Nilai HPS paket sebesar kurang lebih 2.6 Milyar Rupiah.

Lingkup, Lokasi Kegiatan, Data dan Fasilitas penunjang serta Ahli Pengetahuan

a. Lingkup Kegiatan

Lingkup kegiatan meliputi:
  • Rekonfigurasi server web dan database server
  • Rekonfigurasi Enkripsi terhadap proses pengiriman data dan keamanan jaringan
  • Peremajaan Hardware server
  • Melakukan testing terhadap kestabilan script
  • Penentuan kekuatan server dan kestabilan script melalui brenchmarking
  • Rekonfigurasi jaringan dan script bila diperlukan 

Ditambah lagi dengan dokumentasi terhadap proses perubahan script dan versioning berupa softcopy dan hardcopy yang dibuat berdasarkan acuan dokumentasi sebelumnya (jika ada) dan hasil dari perubahan yang dilakukan, yang meliputi:
  1. User Requirement
  2. User Interface
  3. Migrasi data
  4. Testing (Case Test, Unit Test, Integration Test, Acceptance Test)
  5. Database Dictionary
  6. Database Security
  7. Security Level
  8. Form Input/Output
  9. Source Code yang dapat dipahami dengan mudah oleh pengguna jasaUser Manual

b. Lokasi Kegiatan

Gd. Sapta Pesona Lantai 7 Jl. Medan Merdeka Barat No.17 Jakarta Pusat 10110 - Jakarta Pusat (Kota)

c. Data dan fasilitas penunjang

  • Dokumentasi hasil pengembangan proyek perangkat lunak dari versi - versi sebelumnya
  • Beberapa staf terkait operasional dari sistem informasi manajemen spektrum (administrator)

d. Ahli Pengetahuan

Penyedia jasa harus mengadakan pelatihan, semacam kursus singkat diskusi, dan seminar terkait dengan tata cara penggunaan aplikasi yang telah diubah serta cara kerja dari seorang admin.

Metodologi

Metodologi Proyek ini adalah berfokus pada maintenance dengan pengubahan fungsionalitas seminimal mungkin berdasarkan acuan dokumentasi versi-versi sebelumnya dan kebutuhan yang mendesak pada proses bisnis saat ini.

Jangka Waktu Pengerjaan

Jangka Waktu Pelaksaan proyek ini kurang lebih berkisar pada 60 hari kerja dan harus dilakukan proses user acceptance paling lambat 5 hari kerja setelah tanggal serah terima proyek.

Kualifikasi 

Kualifikasi yang harus dipenuhi oleh penyedia jasa adalah:
- Ijin Usaha : SIUP
- Klasifikasi : Peserta yang berbadan usaha harus memiliki surat izin usaha jasa konsultasi piranti lunak, Informatika yang dikeluarkan oleh instansi berwenang yang masih berlaku- Telah melunasi kewajiban pajak tahun terakhir

Tenaga Ahli

Tenaga ahli yang diperlukan untuk melaksanakan pekerjaan ini adalah :
  1. Ketua tim (Project Manager)
Ketua tim disarankan seorang saja, minimal Sarjana Teknik Strata satu (S1) lulusan perguruan tinggi yang terakreditasi A atau setingkat, berpengalaman dalam pelaksanaan pekerjaan di bidang project management pengembangan aplikasi sekurang-kurangnya 4 (empat)tahun. Sebagai ketua tim, tugas utamanya adalah memimpin dan mengkoordinir seluruh kegiatan anggota tim kerja dalam pelaksanaan pekerjaan selama masa projek sampai dengan pekerjaan dinyatakan selesai,
Jumlah yang harus disediakan adalah 1 (satu) orang.
  1. Sistem Analis
Sistem analis yang disyaratkan adalah minimal Sarjana Informatika/Ilmu Komputer Strata satu (S1) lulusan perguruan tinggi negeri/swasta/luar negeri yang terakreditasi A atau setingkat, yang berpengalaman melaksanakan pekerjaan di bidang pengembangan perangkat lunak komputer berbasis web dan data base sekurang-kurangnya 3 (tiga) tahun. Jumlah yang harus disediakan minimal 1 (satu) orang.
  1. Programmer/ Developer
Programmer/Developer yang disyaratkan sekurang-kurangnya setara Strata satu (S1) lulusan perguruan tinggi negeri/swasta/luar negeri yang terakreditasi A atau setingkat dengan pengalaman sekurang-kurangnya 3 (tiga) tahun.
Jumlah yang harus disediakan minimal 4 (empat) orang.
  1. Quality Assurance
Quality Assurance yang disyaratkan sekurang-kurangnya setara Strata satu (S1) lulusan perguruan tinggi negeri/swasta/luar negeri yang terakreditasi A atau setingkat dengan pengalaman sekurang-kurangnya 2 (dua) tahun.
Jumlah yang harus disediakan minimal 2 (dua) orang
  1. Trainers
Trainers yang disyaratkan sekurang-kurangnya setara Strata satu (S1) lulusan perguruan tinggi negeri/swasta/luar negeri yang terakreditasi A atau setingkat dengan pengalaman sekurang-kurangnya 2 (dua) tahun.
Jumlah yang harus disediakan minimal 3 (tiga) orang.


Keluaran

Keluaran dari proyek ini adalah 
  • Versi yang lebih mutakhir dari Sistem Informasi Manajemen Spektrum 
  • Dokumentasi laporan tentang maintenance yang berdasarkan acuan hasil dan dokumentasi versi-versi sebelumnya
  • Source Code Program berdasarkan acuan dokumentasi proyek
  • SOP (System Operating Procedure) dan SMP (System Maintenance Prosedur)
  • Garansi dan Training pengguna

Laporan

Laporan terbagi 3 yaitu Laporan Pendahuluan, Laporan Pertengahan berupa laporan Mingguan, dan Laporan Akhir
Laporan Pendahuluan berisi : Rencana Kerja dan Jadwal kegiatan penyedia jasa secara menyeluruh
Laporan Mingguan berisi : Prosentase penyelesaian, Pekerjaan tiap tenaga ahli, kendala yang dialami dalam proses pengembangan
Laporan Akhir berisi : Laporan Pendahuluan, Laporan Pertengahan, Dokumentasi lainnya yang berkorelasi dengan proyek ini.
         

    

Tidak ada komentar:

Posting Komentar