1 Kerangka Acuan Kerja
KERANGKA ACUAN
KERJA (KAK)
No.
|
PERIHAL
|
PENJELASAN
|
1.
|
Latar Belakang
|
Sistem Informasi adalah sekumpulan elemen
(orang, data, prosedur dan sistem pemroses data dan informasi) yang bekerja
sama untuk menghasilkan informasi yang berguna, relevan, tepat waktu, akurat,
lengkap, dan memenuhi bakuan tertentu (Turban, 1996), sedangkan Sistem
Informasi Keuangan adalah sistem informasi yang memberikan informasi kepada
orang atau kelompok baik di dalam perusahaan maupun di luar perusahaan
mengenai masalah keuangan perusahaan. Informasi yagn diberikan disajikan
dalam bentuk laporan khusus, laporan periodik, hasil dan simulasi matematika,
saran dari sistem pakar, dan komunikasi elektronik (Mcleod, 1998). Misi Sistem
Informasi keuangan adalah untuk memperbaiki kinerja keuangan yang ada di
dalam organisasi dengan memanfaatkan teknologi informasi yang bertujuan untuk
memperbaiki laporan keuangan (performance
improvement).
SMK YADIKA Cicalengka yang merupakan
bagian dari Yayasan Pendidikan Cicalengka termasuk dalam rencana pengembangan
otonomi yang diproyeksikan pada tahun 2013, otonomi permasalahan yang paling
mendasar ialah pengelolaan keuangan sekolah, saat ini SMK YADIKA masih
menggunakan sistem pelaporan yang tidak terintegrasi, walau sudah menggunakan
komputer namun masih belum dikatakan sebagai pengelolaan keuangan yang
efektif dan juga pencatatan secara manual, yang mana pengolahan datanya masih
sering terjadi kesalahan dalam segi pelaporan keuangan. Pada perkembangan
zaman yang seperti ini sudah selayaknya SMK YADIKA yang fokus di pendidikan
teknik informasi dan komunikasi untuk membuat sistem informasi keuangan yang
efektif dalam pelaporan keuangan. Untuk mewujudkan itu semua dibutuhkan
sebuah perencanaan proyek untuk membangun sebuah sistem informasi keuangan.
Penelitian ini menggunakan prinsip-prinsip manajemen
proyek sebagai dasar masukan ataupun saran bagi SMK YADIKA pada saat akan
mengembangkan proyek sistem informasi keuangannya, prinsip manajemen proyek
ini sangat diperlukan khususnya untuk membantu perencanaan dari sisi sequencing (tata urutan) penjadwalan
proyek, sumber daya, biaya, durasi, dan juga hal-hal yang dibutuhkan untuk
merealisasikan proyek perancangan sistem informasi keuangan sehingga pihak SMK
YADIKA dapat meminimalisir hal-hal yang dapat mengakibatkan terjadinya
kegagalan pelaksanaan proyek maupun ketidaksesuaian antara apa yang
dibutuhkan oleh user dengan apa yang disampaikan oleh hasil perancangan,
diperlukan perencanaan yang realistis dan pengendalian yang efektif
menggunakan pendekatan flow of maps
dan AON (Activity on Node) dengan
menggunakan metode perencanaan dan penjadwalan proyek PDM (Prescedence Diagram Method) yaitu Project Plan, sehingga diambil judul
penelitian yaitu “PERANCANGAN PROYEK PERANCANGAN SISTEM INFORMASI KEUANGAN
(STUDI KASUS: SMK YADIKA CICALENGKA)”.
|
2.
|
Maksud dan
Tujuan
|
●
Merancang manajemen
proyek sistem informasi keuangan SMK YADIKA dengan menghasilkan sebuah Project Plan.
●
Menghasilkan prototype software sistem informasi
keuangan
|
3.
|
Sasaran
|
Membangun sistem
informasi yang terintegrasi dengan seluruh sistem keuangan SMK YADIKA.
|
4.
|
Nama dan
Organisasi Pengguna Jasa
|
SMK YADIKA
Cicalengka
|
5.
|
Sumber Pendanaan
|
Dana dari SMK
YADIKA Cicalengka sebesar Rp 90.000.000,- (Sembilan Puluh Juta Rupiah)
|
6.
|
Lingkup, Lokasi,
Fasilitas dan Ahli Pengetahuan
|
● Lingkup kegiatan
1.
Pengembangan fitur-fitur berbasis web :
a.
Mengisi data keuangan
b.
Menampilkan data keuangan
c.
Mencetak laporan keuangan
2.
Pengembangan database pendukung aplikasi :
a.
Pengembangan struktur database
b.
Pengembangan database relationship
3.
Menyusun dokumentasi lengkap :
a.
User Requirement
b.
User Interface
c.
Migrasi Data
d.
Testing
e.
Database Dictionary
f.
Database Security
g.
Security level
h.
Form input/output
i.
Source Code yang mudah dipahami oleh pengguna jasa
j.
User manual
4.
Pengadaan Server
● Lokasi Kegiatan
SMK YADIKA Cicalengka
● Data dan Fasilitas
Penunjang
1.
Penyediaan oleh pengguna jasa
a.
Data diri
b.
Ruang Kerja
c.
Fasilitas yang disediakan oleh pengguna jasa (bila ada)
2.
Penyediaan oleh penyedia jasa :
a.
Personal Computer
● Ahli Pengetahuan
Penyedia jasa harus mengadakan pelatihan, diskusi dan
seminar kecil terkait dengan substansi pelaksanaan pekerjaan dalam rangka
alih pengetahuan kepada staf di SMK YADIKA Cicalengka
|
7.
|
Metodologi
|
Metodologi yang digunakan
adalah pendekatan pengembangan sistem dengan model waterfall
|
8.
|
Jangka Waktu
Pelaksanaan
|
Jangka waktu
pelaksanaan kegiatan ini selama ± 60 kerja dan dilaksanakan proses beta
sekurangnya 5 hari kerja.
|
Kualifikasi
|
● Bersedia menandatangani
perjanjuan kerahasiaan data dan informasi sesuai dengan kebijakan sistem
manajemen keamanan informasi
● Memiliki latar belakang
dan pengalaman yang cukup dalam bidang perencanaan dan pembangunan aplikasi
berskala besar dan terintegrasi
● Memiliki pemikiran yang
inovatif dan solutif dalam perancangan dan pembangunan aplikasi.
● Memiliki kemampuan
memecahkan masalah dengan cepat dan tepat.
● Sanggup memberikan
jaminan untuk berjalan dan keberhasilan proyek ini sampai 1 tahun seteleh
serah terima
● Memiliki komitmen dan disiplin
tanggung jawab dalam bekerja
|
|
10.
|
Tenaga Ahli
|
a.
Project Leader (1 orang)
b.
Requirement Analyst (1 orang)
c.
System Analyst (1 orang)
d.
Interface Designer (1 orang)
e.
Lead Programmer (1 orang)
f.
Server Programmer (1 orang)
g.
Web Programmer (1 orang)
h.
Back - End Programmer (2 orang)
i.
Front - End Programmer (2 orang)
j.
Server Technician (1 orang)
k.
Quality Assurance (1 orang)
l.
Support Team (2 orang)
Semua tenaga ahli di
atas dapat merangkap beberapa job desk selama memungkinkan
|
11.
|
Keluaran
|
1.
Aplikasi yang dapat di operasikan dan berfungsi sesuai
dengan kebutuhan yang telah tertera dalam perjanjian
2.
Dokumentasi hasil analisis desain dan konfigurasi sistem
3.
Program dengan source code
4.
SOP (System Operating Procedure) dan SMP (System
Maintenance Procedure)
5.
Petunjuk manual
6.
Instalasi Aplikasi
7.
Migrasi Data
|
12.
|
Pelaporan
|
a.
Laporan Pendahuluan :
1.
Rencana Kerja
2.
Mobilisasi tenaga kerja ahli dan tenaga pendukung
3.
Jadwal Kegiatan
b.
Laporan mingguan :
1.
Laporan kegiatan setiap bagian anggota.
2.
Tahap pencapaian yang telah diselesaikan
3.
Prosentase total dari keseluruhan proyek
c.
Laporan Akhir :
1.
Laporan Pendahuluan
2.
Laporan Mingguan
3.
Dokumentasi dari pembangunan aplikasi
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar